Suara PSI Makin Hari Kian Meroket, KPU: Hitung Manual Masih Berlangsung

by -6 Views
Suara PSI Makin Hari Kian Meroket, KPU: Hitung Manual Masih Berlangsung

loading…

Komisioner KPU Idham Holik memberikan keterangan soal rekapitulasi penghitungan secara berjenjang di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3/2024). Foto: iNews Media/Danandaya Arya Putra

JAKARTA – Perolehan suara nasional Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melalui aplikasi Sirekap pada Sabtu, 2 Maret 2024 mencapai 3,13 persen, padahal sebelumnya hanya 2,93 persen, Kamis (29/2/2024).

Melihat itu, Komisioner KPU Idham Holik mengatakan, penghitungan suara manual saat ini sedang berlangsung.

“KPU masih melakukan rekapitulasi secara berjenjang. Proses rekapitulasi saat ini pada umumnya sudah berada dalam tingkat Kabupaten/Kota walaupun memang masih ada pada tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),” ujar Idham di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3/2024).

Rekapitulasi suara berjenjang akan berlangsung sampai 20 Maret 2024. Proses rekapitulasi secara berjenjang melalui tahapan di tingkat TPS, Kecamatan, Kabupaten/Kota, provinsi, dan terakhir di tingkat nasional yang diselenggarakan di Kantor KPU.

Menurut dia, suara resmi yang ditetapkan KPU melalui rekapitulasi berjenjang bukan melalui aplikasi Sirekap.

“Kami belum mengerti yang dimaksud dengan lonjakan tersebut itu lonjakan yang mana. Yang jelas UU Pemilu menegaskan perolehan suara peserta pemilu yang disahkan KPU itu berdasarkan rekapitulasi resmi yang dilakukan mulai dari PPK, KPU Kabupaten atau Kota, KPU Provinsi, dan KPU RI,” ungkapnya.

KPU terus memperbarui data real count atau hitung suara pemilu legislatif dan perolehan suara partai politik (parpol) 2024 . Dari 18 parpol, sejumlah parpol mengalami perubahan presentase suara.

Berdasarkan hasil real count KPU Pileg 2024 yang dirilis di situs pemilu2024.kpu.go.id, total suara yang masuk hingga Kamis (29/2/2024) pukul 18.00 WIB yaitu 65,56 persen. Data diambil dari 539.696 TPS dari 823.236 TPS.

Dari pekan lalu, komposisi parpol yang berada di atas ambang batas parlemen sebesar 4 persen tidak terlalu banyak perubahan.

Hanya ada satu parpol yaitu PPP dari 9 partai sebelumnya yang berdasarkan hasil real count berada di atas 4 persen kini terlempar dari ambang batas parlemen yaitu di angka 3,99 persen.

Sementara, satu parpol lainnya yaitu PSI mengalami tren kenaikan sejak pekan lalu. Tercatat, pada Kamis, 22 Februari 2024, suara PSI masih berada di 2,55 persen. Saat ini, partai yang diketuai putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep berada pada angka 2,93 persen.

Dengan data real count KPU yang saat ini baru masuk di angka 65,56 persen bukan tidak mungkin PSI terus menunjukkan kenaikan suara sehingga mampu lolos ambang batas parlemen 4 persen.

(jon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.