PDIP Sebut Usulan Hak Angket Sedang Diseriusin: Semoga Partai Lain Mengikuti

by -13 Views
PDIP Sebut Usulan Hak Angket Sedang Diseriusin: Semoga Partai Lain Mengikuti

loading…

Politikus PDIP Chico Hakim mengatakan, usulan hak angket tengah digodok serius internal PDIP. Usulan ini disebutnya sebagai respons aspirasi dari masyarakat. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Politikus PDIP Chico Hakim mengatakan, usulan hak angket tengah digodok serius di internal PDIP. Usulan ini disebutnya sebagai respons aspirasi dari masyarakat.

Usulan hak angket itu pernah dibunyikan oleh capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Tak hanya itu, capres nomor urut 1, Anies Baswedan juga merespons positif usulan itu.

“Sekarang ini sedang betul-betul wacana (Hak angket) yang akan ditindaklanjuti secara serius oleh PDI Perjuangan,” kata Chico Hakim saat dihubungi, Kamis (22/2/2024).

Usulan hak angket itu, kata Chico, menjadi cara untuk menyelidiki berbagai dugaan pelanggaran yang dilakukan pemerintah dalam pelaksanaan Undang-Undang (UU). Menurutnya dugaan pelanggaran itu telah terjadi bahkan jauh sebelum hari pencoblosan pada 14 Februari 2024 silam.

“Bahkan kita bicara soal hal-hal yang sifatnya terstruktur, sistematis dan masif,” ungkap Chico.

Ia pun merinci dugaan pelanggaran yang terjadi misalnya penunjukkan penjabat gubernur dan bupati, pemekaran provinsi hingga putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batas usia yang pada akhirnya meloloskan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres merupakan segelintir dugaan di mana pemerintah tidak melaksanakan UU dengan benar.

“Ada juga Pak Jokowi yang kelihatan sangat berpihak dan melakukan kampante terselubung, salah satunya mengeluarkan dua jari dari mobil RI 1 yang merupakan fasilitas negara yang uang bensinnya dari negara, mobilnya dari uang negara, pajak rakyat,” ungkap dia.

Oleh karenanya, ia meyakinkan, hak angket menjadi salah satu solusi menjawab permasalahan ini. Ia pun berharap agar hak angket ini bisa diikuti oleh partai-partai yang juga merasakan hal yang sama.

“Harapan tentunya jika memang ini menjadi keputusan kami, kami berharap diikuti oleh partai-partai yang betul-betul merasa ini adalah salah satu jalur yang harus ditempuh untuk menuntaskan segala permasalahan terkait dengan penyelenggaraan Pemilu,” tandasnya.

(maf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.