Jenderal Bintang 3 Duduki Jabatan Terakhir Lebih dari 2 Tahun, Nomor 1 Mantan Sesmilpres RI

by -12 Views
Jenderal Bintang 3 Duduki Jabatan Terakhir Lebih dari 2 Tahun, Nomor 1 Mantan Sesmilpres RI

loading…

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menghadiri peringatan HUT ke-78 TNI di Silang Monas, Kamis, 5 Oktober 2023. Foto/DOK.BNPB

JAKARTA – Sejumlah jenderal bintang 3 sudah menduduki jabatan terakhir lebih dari dua tahun lamanya. Salah satunya adalah mantan Sekretaris Militer Presiden Republik Indonesia (Sesmilpres RI).

Jenderal bintang 3 atau resminya Letnan Jenderal merupakan pangkat yang masuk kategori perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Letaknya satu tingkat di atas Mayor Jenderal (bintang 2) dan setingkat di bawah Jenderal TNI (bintang 4).

Saat ini, tercatat ada sekitar 17 pemegang pangkat jenderal bintang 3 aktif di TNI Angkatan Darat. Beberapa di antaranya diketahui sudah menjabat satu posisi selama lebih dari dua tahun. Siapa saja?

Jenderal Bintang 3 Menjabat Lebih dari 2 Tahun

1. Letjen TNI Suharyanto – Kepala BNPB

FOTO/DOK.BNPB

Letjen TNI Suharyanto merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Saat ini, ia aktif menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Suharyanto lahir di Cimahi, Jawa Barat, 8 September 1967. Ia diketahui sebagai jebolan Akademi Militer (Akmil) 1989.

Melihat ke belakang, posisi Kepala BNPB didapat Suharyanto pada 17 November 2021. Waktu itu, ia dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggantikan Letjen Ganip Warsito.

Adapun pelantikannya sebagai Kepala BNPB didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 140 P Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Jika dicermati, Suharyanto tercatat sudah menjabat sebagai Kepala BNPB ini sekitar 2 tahun lebih 3 bulan.

Sebelum menjadi Kepala BNPB, jenderal bintang tiga ini juga pernah menduduki sejumlah posisi penting lain. Di antaranya seperti Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) Kemensetneg RI periode 2019-2020 hingga Pangdam V/Brawijaya (2020-2021).

2. Letjen TNI Albertus Budi Sulistya – Kepala RSPAD Gatot Subroto

Jenderal Bintang 3 Duduki Jabatan Terakhir Lebih dari 2 Tahun, Nomor 1 Mantan Sesmilpres RI

FOTO/DOK.RSPAD GATOT SUBROTO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.